Monday, December 20, 2010

STRUKTUR GEOMETRI PRIMITIF

Koordinat dapat diartikan sebagai tata keseimbangan yang membantu kita dalam menentukan suatu kondisi dengan nilai dan batas dalam konteks geometri.
Bola dunia yang berbentuk bulat yang tidak punya sisi atau ujung pangkalnya dapat kita orientasikan tata letaknya. Orientasi ini dibuat untuk memudahkan kita menentukan letak suatu titik dipermukaannya yang dikenal dengan koordinat bumi. Koordinat ini menggunakan garis lintang dan bujur dengan satuan derajat. Bila suatu tempat dikatakan memiliki posisi 30 derajat lintang selatan dan 137 derajat bujur barat maka kita akan langsung tahu dimana letaknya posisi itu.
Kita akan dihadapkan dengan berbagai macam koordinat, yang satu dengan yang lain bisa sama atau berbeda smasekali. Kita harus memahami suatu koordinat yang kita pergunakan dan jangan sampai kita mencampur-adukannya sehingga menjadi rancu. Untuk setiap perubahan sistem koordinat, kita harus tahu cara mengkonversinya agar hasilnya tetap benar.
Dalam komputer ada 3 macam sistem koordinat yang harus kita perhatikan, yaitu :
  • Koordinat nyata.
  • Koordinat sistem.
  • Koordinat Tampilan atau Layar.
Merancang suatu objek perlu mengenal struktur yang membangun objek tertentu. Misalnya kita membuat garis yang terbentuk dari dua koordinat titik, dimulai dari koordinat pertama dan diakhiri oleh koordinat kedua. Selanjutnya computer (CAD) akan mendefinisikan sebuah garis dari masukan koordinat yang tadi.
Bagaimanna dengan bentuk lingkaran, ini berbeda dengan garis, Lingkaran secara struktur terdiri dari banyak koordinat yang membentuknya, tetapi kita cukup memasukan koordinat titik tengah dan nilai radius lingkaran tersebut..
Selanjutnya Ellips dibentuk dari koordinat titik tengah, koordinat arah sumbu (titik awal dan titik akhir), nilai radius sumbu X dan nilai radius sumbu Y.
Itu sedikit tentang struktur pembentuk objek dasar dari GEOMETRI PRIMITIF.
Bagaimana CAD mendefinisikan objek dalam tampilan yang presisi, penampilan objek (garis atau kurva) di layar komputer dibedakan berdasarkan rersolusi atau kepadatan pixel monitor tertentu. Resolusi 400 x 600 berarti pada layar komputer terdapat 400 pixel per kolom dengan masing-masing baris mempunyai 600 pixel.
Resolusi sangat berpengaruh terhadap baik tidaknya tampilan gambar pada layar komputer. Layar dengan resolusi ringgi akan menghasilkan gambar yang halus.

TUNGGU ULASAN SELANJUTNYA..................

No comments:

Post a Comment